Kamis, 23 April 2015

Studio Perancangan Arsitektur

INOVASI KONSEP DESAIN STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR

Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, namun untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.
Meningkatnya efek dari pemanasan global yang mengakibatkan bumi semakin panas dan buruk bagi kehidupan mahluk hidup di planet ini dimana adanya perubahan iklim tropis yang semakin tidak menentu sehingga menimbulkan beberapa bencana alam di muka bumi ini.
Langkah langkah yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mengurangi efek pemanasan global tersebut dapat dialakukan dengan beberapa cara. Secara global dan secara bersama sama pola hidup yang perlu dilakukan oleh manusia untuk mengurangi efek pemansan global adalah :
• pengurangan pemakaian material yang dapat menyebabkan adanya pemanasan global
• penanaman hutan kembali,
• daur ulang sampah untuk mengahsilkan bahan bakar pengganti dengan pemakaian bahan bakar alternative, yang ramah lingkungan
Didalam kondisi yang berjalan saat ini secara umum seluruh lapisan masyarkat harus ikut serta merta bertanggung jawab untuk menyelamatkannya dimana dalam skala yang cukup besar dapat dilakukan seperti peremajaan hutan dan dalam secara kecil dapat dilakukan oleh masyarakat khususnya di lingkungannya masing masing.
Sebagai contoh yang dapat dialkuakan oleh manusia di dalam kehidupannya yang paling dekat adalah dengan melakukan konsep dekorasi interior juga dapat dilakukan mengurangi efek pemanasan global dengan menggunakan konsep rumah hijau (green house).
Konsep rumah hijau dapat diaplikasikan dengan mendesain rumah tinggal, dimana dapat dilakukan dengan sebuah konsep dinding hijau yang dinamakan Vertical Garden , atau dapat juga dilakukan menggunakan tanaman untuk menutupi dinding bangunan baik dinding vertical maupun lantai horizontal.
Manfaat tanaman tanaman hijau di permukaan vertical bangunan adalah :
• efektif untuk mengurangi suhu didalam ruangan
• juga berfungsi sebagai peredam kebisingn dari luar ruangan
• mengurangi polusi udara dari sekitar lingkungan

Pengertian Biopori adalah lubang atau rongga di dalam atau diatas permukaan tanah yang terbentuk secara alami atau buatan. Secara alami, biopori terbentuk akibat adanya gerakan akar tanaman atau fauna tanah seperti rayap, semut, cacing dan lain-lain. Sedangkan secara buatan, biopori dibuat dengan menggunakan suatu alat dengan kedalaman antara 80 cm - 100 cm dan diameter 10cm  - 30 cm.

 
 
 Energi surya dapat dimanfaatkan dalam dua cara:
  1. Energi dari cahaya matahari:
    Metode ini didasarkan pada fenomena efek fotolistrik dan menggunakan sel fotovoltaik.Ketika cahaya matahari pemogokan permukaan panel surya, proses photoemission terjadi di dalam sel fotovoltaik dan energi surya secara langsung dikonversi menjadi energi listrik. Secara teoritis tidak ada disipasi panas yang terlibat dalam metode ini.
  2. Energi dikembangkan dari panas matahari:
    Metode lain untuk menghasilkan energi menggunakan energi surya dengan menangkap panas. Dalam metode ini sejumlah besar cermin cekung yang digunakan untuk mengintensifkan panas yang dihasilkan dari matahari. Panas ini digunakan untuk mengubah air menjadi uap. Seperti metode lain tekanan uap bergerak turbin untuk menghasilkan energi listrik


0 komentar:

Posting Komentar